[ARTIKEL] Aktivitas pada saat Work From Home


                          
Aktivitas pada saat Work From Home

sumber : freepik.com
Semenjak ramainya wabah covid 19 di tanah air, pemerintah mengimbau masyarakat untuk work from home demi memutus mata rantai penyebaran virus covid 19. Tidak sedikit masyarakat yang sudah menerapakan WFH, tidak hanya karyawan-karyawan di ibu kota yang sudah WFH semenjak imbauan itu ramai. Saya selaku pendidik, semenjak para murid berpindah tempat belajarnya di rumah, segala macam pembelajaran dilakukan dengan daring. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan di tengah wabah ini, walau kendala jarak dan sosial kita dibatasi, mungkin langkah ini work from home ialah salah satu langkah bagaimana kita mengenal diri kita lebih dalam lagi. Ibaratnya, mengapresiasi untuk diri sendiri dari segala macam kejenuhan yang ada dari segala aktivitas yang telah dilalui. Termasuk para kaum urban yang setiap hari berkutat menerjang jalanan ibu kota, bertemu segelintir masyarakat lalu berpisah tanpa sebab dengan kecanggihan transportasi ibu kota.
Apa itu work from home?
Istilah work from home yang berarti bekerja di rumah. Memindahkan pekerjaan yang semula di kantor jadi di rumah, pelajar yang asyik belajar di sekolah akhirnya dipindahkan pembelajarannya di rumah. Mengerjakan segala tugas dengan sistem WFH ini memberikan ruang gerak bebas kepada karyawan, di mana tugas dengan deadline tertentu dapat selesai. Mengerjakannya pun akan sangat fleksibel dan efesien,
Saya memiliki trik lain dalam mengerjakan rentetan tugas di tengah wabah ini, agar lebih produktif, melanjutkan esai-esai yang telah lama belum rampung, atau lebih mengenal diri sendiri. Berikut cara saya di tengah wabah ini. Bukan menjadi kendala yang amat besar, di saat wabah seperti ini tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala atau tidak dapat produktif menciptakan karya. Justru dapat mengenal lebih dalam diri kita yang sebenarnya. Berikut trik yang dapat kita lakukan di tengah wabah covid 19 ini.

1.    Buat jadwal apa yang akan dikerjakan


sumber : freepik.com
Di malam hari ketika beristirahat, cobalah membuat list jadwal yang akan dilakukan keesokan harinya. Seperti, setelah subuh akan melakukan olahraga lalu sarapan pagi dan melakukan aktivitas mencuci atau bahkan memasak. Pastikan di waktu work from home, diri kita menjadi diri sendiri dan ada produk yang dihasilkan ketika melakukan sesuatu. Entah sebuah tulisan atau produk makanan.

     2. Waktu rebahan ganti dengan hal positif


sumber : freepik.com
Sebelum waktu libur atau masa-masa seperti ramainya wabah ini, hari-hari pasti sangat padat dalam menjalankan aktivitas. 24 jam nonstop mengerjakan sesuatu, bahkan untuk istirahat. Nah, inilah waktu yang tepat yang ditunggu-tunggu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat belum diselesaikan di hari-hari biasa. Seperti melanjutkan buku bacaan, membuat ulasan buku yang telah selesai dibaca.   

     3. Berolahraga


sumber : freepik.com
Jika selama weekdays melakukan olahraga selalu bentrok dengan aktivitas lainnya. Nah, inilah waktu yang pas untuk melakukan olahraga di waktu weekdays, saat rentetan tugas dan pekerjaan sedang antre untuk dikerjakan. Kita luangkan waktu untuk berolahraga, olahraga yang dapat dilakukan seperti push up, sit up, bermain badminton, panahan, atau lari-lari kecil di halaman rumah.

    4   Selalu menjaga jarak


sumber : freepik.com
Ketika anda keluar rumah harus tetap untuk menjaga jarak, setidaknya jarak yang diperlkukan 1 meter ketika bersosialisasi di luar rumah. Menggunakan masker bila sakit, dan mengubah cara mengatasi pada saat batuk yang semula dapat ditutupi dengan telapan tangan, kita ubah dengan menutupi dengan sikuk.

    5.    Rajin mencuci tangan dengan sabun


sumber : freepik.com
Salah satu penyebaran virus medianya ialah dengan bersentuhan dengan objek yang sudah terkena virus sebelumnya. Maka dari itu, agar terhindar dari penyebaran tersebut kita harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan dengan kondisi air mengalir. Kemudian barang-barang sudah diperoleh pada saat keluar rumah seperti dari pasar, barang-barang tersebut segeralah cuci/semprot menggunakan disinfektan.

   6.    Berkumpul dengan keluarga


sumber : freepik.com
Momen bersama keluarga ialah momen yang paling inti, bagi kaum urban yang notabene sebagai perantau momen WFH ini sangat mendukung untuk berkumpul dengan keluarga. Jika waktu berkumpul atau pulang ke rumah menjadi waktu pekanan, di tengah wabah ini yang mengharuskan para pelajar luar kota, serta karyawan, menjadikan waktu berkumpul dengan keluarganya lebih banyak. Momen bercengkrama menjadi momen yang sangat hangat, terlebih mengingat padatnya jadwal pekerja di tengah aktivitas megapolitan.


Demikian trik yang dapat kita lakukan di tengah wabah ini, semoga dapat membantu atau bahkan kita lebih dapat mengenal diri lebih dalam lagi. Untuk mengapresiasi dari kerja keras selama ini, bahwa pikiran dan raga butuh santai juga. Kita kembalikan semuanya kepada Sang Pencipta, yakin dan ikhlas bahwa semua kejadian yang terjadi ini, pasti ada hal-hal positif yang dapat kita ambil hikmahnya. Seindah apapun rencana manusia, Tuhan lah Sang Pengatur alam semesta ini.


Komentar