Digitalisasi dalam Konteks Pembelajaran Bahasa Indonesia
Membaca dan menulis seolah tak dapat dipisahkan, di mana menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan motorik tangan dan otak menjadi satu. Tapi, apakah pembelajaran menulis di kelas sudah terealisasikan dengan baik? Apakah anak-anak di kelas sudah menyukai proses pembelajaran menulis dengan tanpa adanya paksaan? berkali-kali saya berpikir apa suatu proses menulis yang membuat mereka tak menyukainya disebabkan oleh kebiasaan yang tidak membiasakannya dari awal proses pembelajaran itu berlangsung. Bisa pula disebabkan oleh faktor lingkungan di mana belum ada figur yang tepat seorang anak untuk memulai dan menyukai buku dijadikan bacaan dan hobi. Pembelajaran menulis di tingkatan sekolah mengenah pertama khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi sorotan yang paling saya fokuskan. Sebab sering saya temukan di lapangan banyaknya kesalahaan yang dibaca dan dilihat pada susunan serta struktur kalimat pada sebuah ...