Jig Saw dalam Pembelajaran bahasa Indonesia Teks Prosedur
Pembelajaran kurikulum 13 terpacu kepada sistem pembelajaran siswa yang aktif dan kreatif, di mana posisi guru tak hanya sebagai fasilitator dan katalisator saja. Siswa berinteraksi dengan siswa lainnya dalam kelas dengan aktif. Guru memantau perkembangan kondisi dan memberikan apresiasi dalam pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan model jig saw. Model pembelajaran Jig Saw termasuk ke dalam model pembelajaran kooperatif di mana siswa di kelompokan menjadi 4 – 5 kelompok belajar dengan kondisi siswa heterogen di masing-masing kelompoknya. Sebelum memulai berdiskusi, siswa diatur terlebih dahulu untuk memilih urutan nomor untuk mengelompokan sesuai dengan urutan kelompoknya dengan cara menghitung nomor dari 1 – 5. Setelah selesai berhitung, masing-masing siswa diberikan intruksi oleh guru untuk bergabung dengan siswa lain berdasarkan urutan nomor tersebut. Pembelajaran ini dimulai dengan bahasan Bab baru atau bahasan materi yang sedang dialami pada siswa di dalam kelas...