Manfaat membaca




Manfaat membaca buku bagi kehidupan



Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku adalah cara agar jendela dunia tersebut agar kita dapat mengetahui segala hal yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. Kegiatan membaca buku dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, muda bahkan tua. Umur bukan menjadi akar permasalahan untuk kita sebagai manusia enggan membuka buku, semakin banyak kita membaca akan semakin banyak berbagai hal informasi yang belum kita ketahui. Buku salah satu media membaca yang banyak sekali kita temui di berbagai tempat, berbagai macam model, bentuk dan warna yang menyelimuti bagian buku, dengan media buku kita dapat mengetahui segala informasi mengenai ilmu pengetahuan, ekonomi, politik, sosial, budaya maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. 

Perlu kita ketahui, kegiatan membaca adalah kegiatan yang dapat mengabiskan waktu dengan indah, di mana kita dapat berduaan saja dengan buku yang menjadi objek. Membaca dapat mengubah masa depan dan dapat menambah kecerdasan. Namun, sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini terkalahkan oleh banyak kalangan dengan kegiatan yang lebih praktis seperti mendengarkan radio, menonton siaran langsung dan kegiatan-kegiatan lainnya. Seorang dosen pernah berkata "Kenalilah ia dari seberapa banyak buku di kamarnya, kelak kau akan mengetahui siapa dia sebenarnya"

Membiasakan kebiasaan yang tidak biasa memang sulit, mulai dari sekarang mari kita membiasakan untuk membawa buku di setiap perjalanan anda. Membiasakan untuk membaca buku di setiap waktu luang tidak akan merasa rugi. Generasi yang gemilang yang mampu menambah wawasan dan pengetahuannya agar tak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax yang semakin merajalela.  

Semoga tulisan saya dapat mengubah cara pandang pembaca terhadap sebuah benda yang sangat tebal, yang hanya membuat mata mengantuk. Mari kita buang bayang-bayang seperti itu, rangkulah buku, maka dunia pun akan kau jelajahi semuanya. 

Komentar