Kesempurnaan Islam

 

Kesempurnaan Islam (Syumuliyatul Islam)


sumber gambar : www.pixabay.com

 

Islam adalah agama yang mengatur urusan bukan hanya yang berkaitan dengan duniawi saja melainkan hal yang berkaitan dengan akhirat. Sebagaimana firman yang Allah utuskan kepada manusia sempurna kepada Rasulullah SAW bersabda : “ Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.” Allah telah mengutus firmannya melalui sang khalifah muka bumi yang paling sempurna. Islam mengatur dalam segala aspek yang berkaitan dengan hubungan manusia di muka bumi ini.

 

Termasuk prinsip-prinsip agama yang wajib diyakini, iman seseorang tidak sah tanpa keyakina ini adalah bahwa agama Islam telah disempurnakan oleh Allah Azz awa jalla. Maka, tugas manusia adalah mempelajari, mendengar dan menaati. Allah Azz awa jalla berfirman:

 

“Pada hari ini ini telah KUsempurnakan untuk kamu agamamu dan telah KU-cukupkan nikmat-KU kepadamu, dan telah Ku-ridhai Islam menjadi agamu. (Al Maidah : 3)

 

Mempelajari islam bukan hanya berkaitan dengan seluk beluk perihal pondasi solat, zakat, dan infaq saja melainkan mengatur semua hal yang berkaitan dengan sosialisasi manusia dalam berinteraksi. Islam mengatur perihal hukum ahli waris, pernikahan, lawan jenis, berdagang, politik, sampai bertetangga. Mempelajari islam harus menjadi muslim/ Muslimah yang kaffah, untuk menjadi seorang muslim yang sempurna pastinya tidak memperlukan waktu yang sangat sebentar. Ada banyak ilmu yang dapat diserap dan dipelajari dan pastinya harus mau dimulai dari diri sendiri untuk menerima ilmu pengetahuan tersebut.

 

·         Islam sebagai pedoman hidup

Sudah sangat tertuang dalam firman yang Allah sampaikan pada QS Al maidah : 3 tidak ada agama lain yang sangat sempurna selain Islam. Sebagai umat islam kita harus mempunya keyakinan yang kuat yang dapat dijadikan pedoman hidup. Al Quran dan hadist menjadi bukti kuat pedoman hidup umat islam di dunia ini. Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kesemrawutan beberapa pertanyaan di dunia ini. Tidak heran kita mengenal dengan pribad seseorang jika hubungannya dengan Allah baik (Habluminallah) maka hubungannya dengan manusia pun akan sangat baik (Habluminnnanass).

Di dalam kitab suci umat Islam Al Quran memuat segala aspek yang mengatur manusia di lingkungan bersosial untuk menjalani kehidupannya. Beberapa aspek tersebut pastinnya memiliki value diri yang dapat menolong umat muslim dalam menemukan jalan kesesatannya. Hubungan sebab akibat, beberapa aspek kelengapan kehidupan Islam yang secara rinci disebutkan yaitu tingkah laku, moralitas, perasaan, pendidikan, sosial, keyakinan, dan sebagainya.

Sebagai umat Islam perlulah memiliki figur yang sangat disukai dan menjadi role mode salam melakukan segala aktivitas sebab apa yang dilakukan di dunia pasti akan menerima konsekuensinya di akhirat. Kenapa Islam mengatur segala aspek manusia di tatanan sosial.

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pastinya membutuhkan pertolongan dari orang lain. Hubungan timbal balik antarmanusia membutuhkan interaksi yang positif dan perlu adanya system komunikasi yang sejalan.

·         Islam sebagai Fikrah  (Al Islamu Fikratan)

Seluk beluk Islam bukan hanya terkait etika yang terjadi di lingkungan bermasyarakat saja melainkan membahas tentang gagasan, ilmu pengetahuan, ide, dan pikiran-pikuran yang dianutnya. Sebagai umat muslim sepatunya ajaran dan pemikiran-pemikiran yang dianutnya berlandaskan aspek Islam yang dianutnya, mencari referensi yang sahih. Pemikiran islam yang dilandasi dengan keimanan (al iman) dapat membimbing seorang Muslima memandang berbagai persoalan besar dengan cara pandang yang lebih jernih, kecerdasan yang dilandasi dengan wahyu.

Perubahan zaman semakin berkembang pesat dan berubah dengan sedemikian rupa, sudah sepatutnya umat muslim menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk menambahkan wawasan dalam beroganisasi di lingkungan bermasayakat. Tak dipungkiri semakin marak dan berkembangnya beberapa isme di lingkungan sekitar dikarenakan perkembangan digitalisasi. munculnya bebapa paham seperti kapitalisme, feminisme, marxisme, dll. Sudah sepatutnya kita menambah wawas an informasi dengan berbagai referensi yang sahih, bukankah tidak ada batasan usia sebagai muslim untuk mencari ilmu?

 

·         Islam sebagai akhlak

Dikatakan sebagai akhlak yang islami karena bersumber pada ajaran Allah dan Rasulullah. Akhlak islami ini merupakan amal perbuatan yang sifatnya terbuka, sehingga dapat menjadi indikator seseorang apakah seorang muslim yang baik dan buruk. Akhlak ini merupakan buah dari akidah yang benar.

Membahas konsep akhlak di sini yaitu membahas tentang hubungannya manusia dengan Allah yaitu hubungan dengan penciptanya. Lalu, hubungan antarmanusia, Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya raga dan jiwa, jika ada yang kurang baik dalam diri manusia tersebut perlu ditelaah kembali apa penyebabnya.

Demikian penjelasan terkait Kesempurnaan Islam, tidak ada ilmu tanpa usaha yang harus dikerjakan dengan ikhlas insya Allah akan berladang pahala. Islam mengatur segala aspek di kehidupan manusia, bukan untuk mempersulit antarmanusia, melainkan memberikan rem/ pakem terhadap perilaku manusia agar tidak di luar nalar. Islam mengajarkan dari kefanaan akan keduniwian agar lebih lurus mengedepankan akhirat. Tidak ada salahnya bertanya jika kurang paham, dan memulai dari awal jika memang tidak tahu sama sekali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar